Sabtu, 14 September 2013

From Prismatech™ : Tips and Trick: Mencegah Serangan Cyber Yang Berkeliaran di Dunia Maya !!!



Tips and Trick: Mencegah Serangan Cyber...!!!.. HOT !!!

Pagi semua!!! ( kalo anda buka postingan ini pagi... he... he...)
Hari ini saya merasa tertipu, berangkat mengerjakan jaringan perusahaan travel di daerah Banjarbaru, Kalsel ternyata big bossnya mendadak ke Batulicin Kotabaru. Alasan pekerjaan yang lebih penting lagi... sial. Dan parahnya, tempatnya lumayan jauh dari Homebase saya tinggal. Plak... Plak...Plak... (kenapa malah curhat) he..he.. he...~ Ya udahlah gak papa ambil positifnya aja. Emang ada?! Ya ada dong, positifnya jadi saya bisa posting tips mencegah serangan cyber ini, hehehe...

Bagi yang belum tau betul dampak serangan ini pasti menganggap ini masalah sepele, tapi anda wajib khawatir karena banyak hal merugikan yang dapat diakibatkan serangan Cyber ini. Misalnya pencurian password, masuknya virus, malware dan spam.

Dan yang paling parah adalah pencurian identitas. Bisa dibayangkan bahayanya orang yang dapat menggunakan identitas kita untuk melakukan aksi kejahatan. Maka dari itu kita perlu mengetahui hal-hal apa saja yang dapat kita lakukan untuk terhindar dari serangan cyber, berikut adalah beberapa tips yang dapat kita praktekan:

1. Kunci komputer serta berbagai akun dengan password yang kuat, serta PIN empat digit yang unik pada telepon seluler.

2. Jangan lakukan pembayaran tagihan, transaksi bank, belanja atau kegiatan bisnis penting lainnya melalui perangkat komputer milik umum, atau dari laptop dan ponsel melalui jaringan Wi-Fi yang terbuka untuk umum (misalnya hotspot).

3. Waspadai para pengintai. Berbagai cara telah dibuat orang untuk mencium jejak password, PIN, user name atau sejenisnya melalui ketikan jari atau sentuhan pada layar saat Anda memasukkan data.

4. Berhati-hati dengan pesan atau e-mail yang mencurigakan. Hindari berbagai tawaran yang tampak berlebihan, dan waspadai pengirimnya, meskipun pesan tersebut tampak seolah-olah berasal dari seseorang atau sumber yang dapat dipercaya.

5. Perhatikan tanda-tanda pada laman Web yang menunjukkan bahwa laman tersebut aman dan dapat dipercaya. Sebelum memasukkan data yang sensitif, periksa kembali petunjuk enkripsi (misalnya alamat Web dengan “https” atau logo gembok terkunci di sudut kanan bawah tampilan situs).

6. Kurangi spam dari inbox. Jangan berikan alamat e-mail utama atau instant messaging kepada orang tak dikenal atau lembaga yang tidak diketahui reputasinya. Hindari menampilkan data tersebut dari laman jejaring sosial, atau direktori Internet (misalnya white pages) atau situs lowongan kerja.

Oke saya rasa hal --hal tersebut bisa  kita lakukan bersama-sama. Dan ingat!! Serangan cyber terjadi tidak hanya pada pc/laptop tapi juga pada perangkat lain seperti handphone, tab, dll yang terhubung internet baik melalui jaringan 2G, 3G, apalagi 4G yang lebih punya karakter fleksibel dalam melakukan cracker di dunia cyber ...

Salam.... : " Hacker Not Cracker "

0 komentar:

Jumlah Pengunjung

Online

Terbaru Dari Pengunjung Berbendera

Flag Counter

*****my favorite song*****

.
PRISMATECH™. Diberdayakan oleh Blogger.